Pencegahan Penyakit Hipertensi

Pencegahan Penyakit Hipertensi –  Istilah yang diambil dalam bahasa Inggris “Hypertension”. Kata Hypetension itu sendiri berasal dari bahasa Latin, yakni ”hyperl” yang berarti super atau luar biasa dan “tension” yang berarti tekanan atau tegangan. Hypertension yang akhirnya menjadi istilah kedokteran yakni penyakit tekanan darah tinggi.

Pencegahan Penyakit Hipertensi

Pencegahan Penyakit Hipertensi

Pada penyakit tekanan darah tinggi adalah tenaga yang di pakai oleh darah yang di pompa dari jantung untuk melawan tahanan darah. Dengan kata lain tekanan darah adalah sejumlah tenaga yang dibutuhkan untuk mengedarkan darah keseluruh tubuh. Jika tekanan darah seseorang meningkat dengan tajam dan kemudian tetap tinggi, maka orang tersebut dapat di katakan mempunyai tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Secara umum sseorang dikatakan hipertensi jika tekanan diastolik/sistoliknya akan melebihi 140/90 mmHg pada  normalnya 120/80 mmHg. Tekanan darah normal sangat dibutuhkan untuk mengalirkan darah keseluruh tubuh yaitu untuk mengangkat oksigen dan zat gizi. Penulisan tekanan darah seperti 110/70 mmHg adalah di dasarkan pada 2 fase dalam tiap denyut jantung. Nilai yang lebih tinggi (sistolik) menunjukkan fase darah yang sedang di pompa oleh jantung, dan nilai yang lebih rendah (diastolik) menunjukkan fase darah kembali ke jantung.

Hipertensi adalah kelainan yang sering di temukan pada manusia yang disebabkan oleh adanya peningkatan tekanan sistematik, tekanan darah yang normal pada manusia di ukur oada posisi berbaring dan duduk di mana tekanan darahnya adalah 120 mmHg untuk sistolik dan 80 mmHg untuk diastolik. Pada penderita hipertensi yang sangat heterogen bahwa penyakit ini bagaikan mozaik, yang di derita oleh orang banyak yang datang dari berbagai subkelompok, beresiko ganda, baik yang bersifat endogen seperti neurotransmitter, hormon, dan genetik. Maupun yang bersifatr seperti rokok, nutrisi, dan stressor.

Penyakit Hipertensi adalah peningkatan keadaan tekanan darah yang memberi gejala yang akan belanjut untuk suatu terget organ seperti stroke (untuk otak), penyakit jantung koroner (untuk pembuluh darah) dan left ventricle hypertrophy (pada otot jantung). Degan target organ di otak yang berupa stroke, maka hipertensi adalah penyebab utama stroke yang akan membawa kematian yang tinggi.

Gejala Penyakit Hiperytensi atau Darah Tinggi

  • Mata berkunang kunang
  • Mimisan atau keluarnya darah darai hidung
  • Mudah lelah, lesu, dan cape
  • Sesak nafas
  • Wajah merah
  • Mudah marah
  • Gejala ringan sperting pusing kepala.
  • Sering gelisah
  • Ketika badan di tengkuk terasa pegal
  • Telinga berdengung
  • Sukar tidur

Penyebab Hipertensi atau Darah Tinggi

Adapun beberapa hal yang bisa menyebabkan seseorang yang memiliki hipertensi atau tekanan darah tinggi, antara lain :

  1. Obesitas / kegemukan : Faktor ini bisa di kendalikan, pada orang yang memiliki berat badan di atas 30% darin pada berta badan ideal, maka akan memiliki kemungkinan lebih besar penderita tekanan darah tinggi. Namun, dengan pencegahan penyakit hipertensi bisa dengan melakukan pola makan yang sehat.
  2. Usia : Para penelitian menunjukkan bahwa seraya usia seseorang akan bertambah, tekanan darah pun akan meningkat. Anda tidak dapat mengharapkan bahwa tekanan darah saat muda akan sama ketika anda bertambah tua. Namun, anda dapat mengendalikan agar jangan melewati batas atas yang normal.
  3. Keturunan : Jika seseorang memiliki orang tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka kemungkinan ia menderita tekanan darah tinggi yang lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi kembar identik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi.
  4. pencegahan penyakit hipertensi dengan mengurangi asupan garam
  5. Penggunaan rokok
  6. Mengkonsumsi minuman beralkohol
  7. Kurangnya melakukan olah raga
  8. Kolesterol
  9. Depresi, gelisah, dan stress
  10. Banyak mengonsumsi minuman yang berkafein

Pencegahan Penyakit Hipetensi

  1. Konsumsi makanan berpotasium

Pencegahan penyakit hipertensi dengan banyak mengkonsumsi makanan yang kaya potasium seperti sayur dan buah yang sangat baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sumber potasium terbaik antara lain tomat, kentang, jus jeruk, kacang-kacangan, belewah, melon, serta buah yang dikeringkan seperti kismis. Konsumsi potasium minimal 2000-4000 mg per hari.

  1. Tarik Nafas

Pencegahan penyakit hipertensi dengan latihan olah nafas dan bermeditasi seperti yoga atai taichi efektif untuk menurunkan hormon stress. Tingginya hormon stess akan meningkatkan renin, enzim ginjal yang bisa menaikkan tekanan darah. Lakukan latihan nafas minimal 5 menit pada pagi dan malam hari. Menarik nafas dalam juga akan mengendurkan semua tensi.

  1. Hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan pada dokter jika anda menerima pengobatan untuk penyakit tertentu, untuk meminta obat yang tidak meningkat tekanan darah.
  2. Kendalikan kadar kolesterol anda.
  3. Kendalikan penyakit diabetes
  4. Pencegahan penyakit hipertensi dengan berhenti merokok dengan berperan besar dalam mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi.
  5. Pencegahan penyakit hipertensi dengan kurangi minuman atau makanan beralkohol. Jika anda menderita tekanan darah tinggi sebaiknya hindari konsumsi alkohol scera berlebihan. Untuk pria yang menderita hipertensi, jumlah alkohol yang diijinkan maksimal 30 ml alkohol per hari sedangkan padawanita 15 ml per hari.

Pencegahan Penyakit Hipertensi

CARA PEMESANAN KAPSUL DAUN SELEDRI

Berkhasiat Untuk Membantu Mencegah Dan Mengatasi Gejala Hipertensi , Stroke, Reumatik Dan Menurunkan Kadar Asam Urat

Harga Kapsul Daun Seledri 1 Botol  isi 45 kapsul = Rp.115.000,-

Paket HEMAT Setiap Beli 3 GRATIS 1 Total Rp.460.000 Jadi Rp.345.000

(Dapat 4 Botol dan Hemat Rp.115.000)

Cara Pemesanan Kapsul Daun Seledri :

SMS ke 0878-8856-6863, tuliskan : Pesan Kapsul Daun Seledri, Jumlah Botol yang dipesan atau Beli Paket Hemat 3botol gratis 1botol, Nama Anda dan Alamat Kirim Lengkap


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Hipertensi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.