Faktor Penyebab Hipertensi

Faktor Penyebab Hipertensi – Tekanan darah seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor yang memegang peranan penting adalah jenis makanan yang di konsumsi sehari-hari, disamping faktor-faktor lain seperti usia, jenis kelamin dan ras, keturunan, kegemukan, stres pikiran dan fisik, kepribadian tipe A yang ambisius dan gila kerja (workaholic), merokok, dan sebagainya.

Faktor Penyebab Hipertensi

Faktor Penyebab Hipertensi

Penyakit Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah orang dewasa digolongkan sebagai normal jika tekanan darah sistolik (tekanan darah saat jantung berkontraksi) kurang dari 120 mmHg dan tekanan darah diastolik (tekanan saat jantung berisi darah) kurang dari 80 mmHg, berapapun usia atau jenis kelamin mereka. Tekanan darah ini sering ditulis sebagai 120/80 mmHg.

Tekanan darah tinggi disebut hipertensi. Meningkatnya resiko stroke dan penyakit kardiovaskular lain berawal pada 115/75 mmHg. Orang yang jelas menderita hipertensi memiliki resiko stroke tujuh kali lebih besar dibandingkan dengan mereka yang tekanan darahnya normal atau rendah. Untuk orang berusia diatas 50 tahun, tekanan darah sistolik yang tinggi (140 mmHg atau lebih) dianggap sebagai faktor resiko untuk penyakit stroke atau penyakit kardiovaskular lain yang lebih besar dibandingkan dengan tekanan darah diastolik yang tinggi . Namun, tekanan darah cenderung meningkat seiring dengan usia dan orang yang memiliki tekanan darah normal pada usia 55 tahun mempunyai resiko stroke hampir dua kali lipat dibandingkan orang berusia muda.

Tekanan darah yang meningkat secara perlahan merusak dinding pembuluh darah dengan memperkeras arteri dan mendorong terbentuknya bekuan darah dan aneurisma yang semuanya mengarah pada stroke, terutama pada orang berusi 45 tahun. Penelitian memperlihatkan bahwa sekitar sepertiga hingga hampir separuh orang berusia 45 tahun menderita hipertensi. Salah satu masalah utama pada hipertensi adalah bahwa pada tahap awal gangguan ini tidak menimbulkan gejala hipertensi. Pada sebagian orang, hipertensi dapat menyebabkan sakit kepala sekali-kali atau kronis, tetapi hampir 30% orang dengan hipertensi tidak menyadari keadaan mereka, apalagi mengendalikannya. Karena itu, hipertensi kadang-kadang disebut pembunuh diam-diam (silent killer). Karena itu mengapa anda, setelah mencapai usia 40 tahun, perlu memeriksa tekanan darah secara taratur-paling sedikit setahun sekali

Makanan yang anda konsumsi sehari-hari merupakan salah satu Faktor Penyebab Hipertensi. Selain itu Faktor Penyebab Hipertensi adalah Mengonsumsi garam yang berlebihan maupun diet tidak seimbang juga meningkatkan resiko terkena hipertensi. Yang dimaksud diet tidak seimbang adalah diet tinggi lemak dan gula, serta rendah serat dan buah-buahan. Garam dapat menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh, karena natrium yang terkandung dalam garam bersifat menarik air, yang pada akhirnya akan meningkatkan volume dan tekanan darah. Kandungan garam yang kita konsumsi sehari-hari sebaiknya tidak lebih dari 6 gram per hari. Semakin tua usia seseorang, tekanan darahnya akan semakin meningkat pula. Hal ini menyebabkan resiko terkena stroke menjadi lebih besar. Untuk orang berusia diatas 50 tahun, tekanan darah sistolik yang melebihi 140 mmHg dianggap sebagai faktor resiko stroke yang lebih besar dibandingkan dengan tekanan darah diastolik yang tinggi.

Faktor Penyebab Hipertensi genetik juga tidak bisa dilepaskan dari hipertensi. Seorang anak dengan kedua orangtua yang mengidap hipertensi, kemungkinan besar akan juga mengidap hipertensi pada usia dewasa nanti. Faktor Penyebab Hipertensi lainnya seperti stres  karena pekerjaan, kecapekan, dan kurang istirahat, tipe kepribadian A yang ambisius dan perfeksionis serta gila kerja juga bisa menjadi pemicu hipertensi.

Tekanan darah yang meningkat secara perlahan akan merusak dinding pembuluh darah dengan memperkeras arteri dan mendorong terbentuknya bekuan darah dan aneurisme, yang pada akhirnya akan menyebabkan stroke, terutama pada orang yang berusia diatas 45 tahun.

Cara Mengatasi Penyakit Hipertensi

Dibawah ini ada beberapa cara alami yang bisa membantu mengatasi penyakit hipertensi adalah :

  1. Melakukan olahraga dengan teratur
    Melakukan olahraga dengan teratur merupakan salah satu cara dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Dan jika Anda menderita masalah tekanan darah tinggi, maka sebaiknya pilihlah jenis olahraga yang ringan misalnya adalah dengan melakukan berjalan kaki, bersepeda, lari santai dan juga berenang. Olahraga yang bisa membantu dalam membuat kerja jantung lebih efisien dengan cara menggunakan oksigen sehingga tidak akan bekerja dengan terlalu keras dalam memompa darah. dalam rutin melakukan olahraga seperti jalan cepat hal ini juga sangat efektif untuk membantu menurunkan tekanan darah pada pasien yang menderita penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi sampai mencapai 8 mmhg. Lakukanlah paling tidak selama 30-45 menit dalam sehari dan dilakukan sebanyak 3 kali dalam seminggu.
  2. Menarik  nafas
    Cara mengatasi penyakit hipertensi yang lainnya adalah dengan melakukan latihan olah nafas dan melakukan meditasi. Seperti sedang meakukan yoga atau juga taichi yang sangat efektif untuk bisa membantu menurunkan hormon stress.
  3. Mengonsumsi jenis makanan yang mengandung potasium
    Pencegahan dari penyakit hipertensi ini adalah dengan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung kandungan potasium misalnya adalah seperti mengonsumsi buah dan juga sayuran yang sangat baik untuk membantu menurunkan tekanan darah. sumber dari makanan yang paling baik adalah seperti kentang, tomat, orange jucie, dan pisang serta jenis makanan lainnya. Konsumsil paling tidak makanan yang mengandung potasium minimal 2000-4000 mg dalam sehari.

Faktor Penyebab Hipertensi


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Hipertensi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>