Faktor Penyebab Hipertensi

Tekanan darah seseorang dipengaruhi oleh banyak faktor. Faktor yang memegang peranan penting adalah jenis makanan yang di konsumsi sehari-hari, disamping faktor-faktor lain seperti usia, jenis kelamin dan ras, keturunan, kegemukan, stres pikiran dan fisik, kepribadian tipe A yang ambisius dan gila kerja (workaholic), merokok, dan sebagainya. 

Makanan yang anda konsumsi sehari-hari merupakan salah satu faktor penting pemicu hipertensi. Mengonsumsi garam yang berlebihan maupun diet tidak seimbang juga meningkatkan resiko terkena hipertensi. Yang dimaksud diet tidak seimbang adalah diet tinggi lemak dan gula, serta rendah serat dan buah-buahan. Garam dapat menyebabkan penumpukan cairan dalam tubuh, karena natrium yang terkandung dalam garam bersifat menarik air, yang pada akhirnya akan meningkatkan volume dan tekanan darah. Kandungan garam yang kita konsumsi sehari-hari sebaiknya tidak lebih dari 6 gram per hari. Semakin tua usia seseorang, tekanan darahnya akan semakin meningkat pula. Hal ini menyebabkan resiko terkena stroke menjadi lebih besar. Untuk orang berusia diatas 50 tahun, tekanan darah sistolik yang melebihi 140 mmHg dianggap sebagai faktor resiko stroke yang lebih besar dibandingkan dengan tekanan darah diastolik yang tinggi.

Faktor genetik juga tidak bisa dilepaskan dari hipertensi. Seorang anak dengan kedua orangtua yang mengidap hipertensi, kemungkinan besar akan juga mengidap hipertensi pada usia dewasa nanti. Faktor-faktor lainnya seperti stres  karena pekerjaan, kecapekan, dan kurang istirahat, tipe kepribadian A yang ambisius dan perfeksionis serta gila kerja juga bisa menjadi pemicu hipertensi.

Tekanan darah yang meningkat secara perlahan akan merusak dinding pembuluh darah dengan memperkeras arteri dan mendorong terbentuknya bekuan darah dan aneurisme, yang pada akhirnya akan menyebabkan stroke, terutama pada orang yang berusia diatas 45 tahun.


=====================================

>>> Kapsul Cellery Membantu Mencegah, Mengatasi dan Mengobati Hipertensi (Darah Tinggi), Produk Herbal, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Penyakit Hipertensi and tagged , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>